Menu
Senin - Jumat : 08.00 - 16.00        | Sabtu - Minggu : Tutup

Contact Center

0401-3121024


Protokol Area Institusi Pendidikan Penanganan Covid-19 Klik Lihat   

Disdikbud Sultra Pastikan Bantuan BTT akan Segera Disalurkan, Asrun Lio: Mungkin Hari Ini atau Besok Sudah Masuk ke Rekening Sekolah

Oktober 1, 2020 0 Comment


 AGU 5, 2020

BAUBAU, BP- Batuan Covid19 bertajuk Biaya Tak Terduga (BTT) yang dijanjikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) teruntuk para pelajar, Guru Tidak Tetap (GTT), dan Tenaga Operator di seluruh Satuan Pendidikan Jenjang SMA/SMK Sederajat bakal dicairkan dalam dalam waktu dekat, diupayakan hari ini, Kamis (06/08).

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sultra Asrun Lio saat ditemui Baubau Post, Rabu (05/08).

Asrun Lio

Sebelumnya Asrun Lio menjelaskan, faktor molornya proses pencairan bantuan BTT yang idealnya dijadwalkan pada awal masuk Tahun Ajaran Baru 2020/2021 tepatnya pada 13 Juli lalu rupanya dipicu oleh gangguan teknis dalam penginputan nomor rekening sekolah.

“Kita percepat pencairannya namun rupanya masih ada koreksi dari masing-masing nomor rekening sekolah,” jelasnya.

“Mungkin hari ini atau besok sudah masuk ke rekening masing-masing sekolah. Dan sekolah harus bersabar karena ini kan prosesnya berjalan. Intinya, Disdikbud Sultra tidak akan diam saja,” tegasnya.

Perlu diketahui pula, upaya pencairan BTT telah dilakukan sejak lama. Namun, mengingat program bantuan ini diasistensi oleh berbagai instansi seperti Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat, termaksud Kejaksaan Negeri (Kejari) maka secara esensial harus dilaksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Sejak beberapa minggu lalu kita sudah menyampaikan ke BPKAD karena asistensi terakhir itu kan sudah tiga minggu yang lalu. Karena ini terkait dengan dana Covid yah proses pencairan itu diasistensi oleh Inspektorat, BPKAD, BPK, termaksud Kejaksaan yang memang prosedurnya seperti itu, harus melewati asistensi itu,” terangnya.

“Setelah rampung asistensinya kemudian disampaikan ke BPKAD untuk proses transfer ke rekening masing-masing sekolah,” ujar Asrun Lio.

Sebagai informasi tambahan, anggaran yang diporsikan dalam satu paket bantuan BTT sebesar Rp 22 Miliar. Dana ini telah siap dicairkan untuk biaya paket data internet siswa sebanyak 86 Ribu orang dengan nominal harga Rp 195 Ribu per siswa.

“Mereka akan mendapatkan bantuan untuk membelikan pulsa atau biaya transportasi sebesar Rp 195 ribu per siswa dan hanya diperuntukan siswa kelas dua dan tiga saja. Sebab, bantuan BTT ini direncanakan sebelum PPDB sehingga yang terdata dulu itu hanya siswa kelas dua dan tiga, sementara kelas satu belum masuk,” tuturnya.

Sementara untuk tenaga GTT (sekolah negeri) akan mendapatkan stimulus sebesar Rp 1 Juta per orang dan tenaga Operator Sekolah sebesar Rp 800 ribu per orang.

“Khusus untuk stimulus para guru non PNS atau guru tidak tetap (GTT) itu berjumlah 4050 guru, mereka akan mendapatkan stimulus dana Covid19 ini sebesar Rp 1 Juta per orang. Ditambah lagi tenaga operator yang berjumlah 400 orang lebih juga akan diberi stimulus biaya tak terduga sebesar Rp 800 ribu per orang,” pungkasnya. (*)

Sumber : https://baubaupost.com/disdikbud-sultra-pastikan-bantuan-btt-akan-segera-disalurkan-asrun-lio-mungkin-hari-ini-atau-besok-sudah-masuk-ke-rekening-sekolah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *