Menu
Senin - Jumat : 08.00 - 16.00        | Sabtu - Minggu : Tutup

Contact Center

0401-3121024


Formulir Penambahan PTK baru dapat di Download pada Menu => Dapodik->Guru

Kelompok Diskusi Terpumpunnya Tindak Lanjut Peta Jalan Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2019

September 6, 2019 0 Comment


Salah satu arah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja. Untuk mendukung kebijakan tersebut, Presiden telah mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Melalui Inpres ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diinstruksikan untuk membuat peta jalan pengembangan SMK, menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan (link and match), meningkatkanjumlah dan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di SMK, meningkatkan kerja sama dengan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan dunia usaha/industri, meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK dan akreditasi SMK, serta membentuk Kelompok Kerja Pengembangan SMK.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan melaksanakan kegiatan Kelompok Diskusi Peta jalan Revitalisasi SMK tindaklanjut kegiatan Tahun 2018, kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 19 s.d 21 Agustus 2019 di Hotel Zenit Kendari yang diikuti 54 Kepala Sekolah Menengah Kejuruan dari 17 Kab/Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara,Peta Jalan Revitalisasi ini di buka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D)

Dalam sambutannya” menekankan arah kedepan Peta Jalan Revitalisai SMK sebagai cara untuk membuat Siswa SMK menjadi Tenaga kerja siap pakai, kedepannya untuk mendirikan sebuah SMK kita melihat potensi daerah Provinsi sulawesi Tenggara sehingga SMK yang akan dikembangkan sesuai dengan apa yang dihasilkan/lebih menonjol pada daerah tersebut yang ada di Kab/Kota.

Lebih lanjut Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D mengatakan “seperti halnya salah satu program strategi Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara membangun Rumah Sakit Jantung, Perpustakaan Moderen dan pengembangan Pariwisata antara lain : Wakatobi merupakan destinasi wisata, Poros Wisata Toronipa yang akan dibangun lebih baik dari Ancol, tidak menentu kemungkinan di Kab/Kota yang lain, semua ini banyak menyerap tenaga kerja maka dari itu marilah kita bersama – sama memanfaatkan dan mendidikan anak – anak kita menjadi tenaga terampil siap pakai menuju Revolusi 4.0″


Narasumber dari kegiatan ini terdiri dari : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, LP3TKI, BAPPEDA Prov. Sultra, Dinas Perindustrian Prov. Sultra, Dinas Tenaga Kerja Prov. Sultra dan Dunia Usaha dan Dunia Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *