Dikbud Sultra Melaksanakan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Guru SMA SMK di Kota Kendari

Kendari, 29 Juli 2022 --- Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Guru SMA dan SMK perlu terus ditingkatkan terutama dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi membuat dunia Pendidikan harus terus berinovasi agar tidak tertinggal dengan negara-negara maju lainnya. Pemanfaatan teknologi dalam dunia Pendidikan bukanlah hal yang baru, namun begitu banyaknya aplikasi dan metode baru yang terus di kembangkan dalam menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar membuat pendidik dan tenaga kependidikan di tuntut untuk terus mampu mengembangkan diri di bidang teknologi dengan di perkuat dengan kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang terus menggiatkan Pembelajaran Berbasis Teknologi.

Seiring dengan itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara melalui UPTD Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan SDM Guru SMA dan SMK yang ada di Sulawesi Tenggara dengan membuat Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK yang di ikuti sebanyak 100 guru yang ada di Kota Kendari dan dilaksanakan di SMAN 4 Kendari . Sebelumnya BTIKP melaksanakan kegiatan yang sama di Kabupaten Kolaka dan akan Kembali melaksanakan kegiatan tersebut di kabupaten Konawe Selatan.

Kepala UPTD BTIKP Sultra , Dodhy mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada guru terkait penerapan sistem pembelajaran TIK di sekolah dan membantu mensosialisasikan akun belajar.id yang merupakan program Kemendikbudristek.

“Tujuannya untuk memberikan pengembangan dan pemahaman guru-guru tentang media pembelajaran berbasis TIK untuk diterapkan kepada siswa-siswi di sekolah serta mengetahui dan mengaktifkan akun belajar.id yang semua guru harus memilikinya” kata Dodhy saat membuka kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK.

Duta Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Tenggara, Irma Lismayani dan Paruddin memberikan materi terkait pemanfaatan akun belajar id untuk pembelajaran dengan mengupas fitur-fitur google Workspace for Education, yaitu mengelola file google drive dengan penyimpanan unlimited, gmail dan juga google docs.

“materi yang kita berikan adalah melihat fitur-fitur google Workspace For Education yang merupakan akun resmi dari Kemendikbudristek yaitu mengelola file google drive yang memiliki kapasitas unlimited membuat guru dapat memanfaatkan dalam menyimpan administrasi pembelajaran, perangkat dan media pembelajaran tanpa perlu khawatir dengan kapasitas google drivenya penuh seperti google drive biasa yang memiliki kapasitas hanya 15 Gigabyte. Selain itu, akun gmail yang digunakan akan otomatis mendapatkan update informasi dari kemendikbudristek dan google docs yang merupakan setara dengan fitur Microsoft word,bedanya ada fitur berbagi yang digunakan sesama guru dan siswa yang bisa dikerjakan secara bersama-sama secara real time.” Tambah Irma Lismayani yang juga merupakan Kapten Belajar.id

Selain materi tersebut, BTIKP juga menyajikan materi terkait pembuatan Video Pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk guru dalam membantu menambah metode baru dalam mengajar dan mendukung siswa dalam proses belajar mandiri.

Penulis : Pengelola Web Dikbud Sultra

Editor : Hasruddin Jumain


Share ke Social Media :