Menu
Senin - Jumat : 08.00 - 16.00        | Sabtu - Minggu : Tutup

Contact Center

0401-3121024


Formulir Penambahan PTK baru dapat di Download pada Menu => Dapodik->Guru

PEMBAHASAN ANALISA HASIL TAKOLA DAN SOSIALISASI e-RKAS BOS SMK

September 6, 2019 0 Comment


Takola SMK adalah aplikasi berbasis web terintegrasi dengan DAPODIK sebagai sumber data yang digunakan untuk mengelola proses pengusulan, penetapan, dan pelaporan program bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK kepada Sekolah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah dalam jangka waktu satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan Rencana Kerja Sekolah (RKS) untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan (SNP).

RKAS dibuat berdasarkan hasil dari pelaksanaan evaluasi diri sekolah. Salah satu program Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan mengenai pembahasan analisa hasil Takola dan Sosialisasi e-RKAS BOS SMK sebagai dasar pengambilan keputusan Direktorat Pembinaan SMK untuk penyaluran bantuan Tahun 2020 dan Pelaporan proses pelaksanaan program bantuan yang diterima oleh sekolah sehingga mengurangi proses cetak atau pengiriman laporan ke Direktorat Pembinaan SMK.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2019 di Aula SMKN 4 Kendari peserta terdiri 38 sekolah dari Ketua MKKS SMK Kab Kepulauan dan Kepala SMK Darat yang sudah ditentukan kuota dari Direktorat Pembinaan SMK yang dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sultra dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMK dan PKLK Prov. Sultra (Drs. H. Abd. Azis, M.Pd) dalam sambutanya beliau menekankan pada sekolah yang mendapat bantuan Fisik maupun Non Fisik agar lebih menyeleksi jenis bantuan tersebut sehingga bantuan yang didapat sesuai dengan Program Keahlian dan Kurikulum yang ada disekolah tersebut, dengan kata lain tidak menerima bila jenis bantuan tersebut apabila tidak sesuai dengan usulan sekolah akan tetapi semua tergantung pengelola bantuan disekolah apakah iklas untuk tidak menerima bantuan tersebut, Apalagi jika ada Sekolah yang mendapat bantuan tiap tahunnya sehingga Gedung yang ada tidak sesuai dengan jumlah siswa yang ada artinya lebih banyak Gedung/Bangunan dari pada Siswanya.

lebih lanjut Drs. H. Abd Azis, M.Pd menekankan agar sekolah lebih memperhatikan Akreditasi karena kedepannya salah satu untuk mendapatkan bantuan tersebut sekolah harus terakreditasi.”

Narasumber Pembahasan Analisa Hasil Takola dan Sosialisasi e-RKAS BOS SMK Direktorat Pembinaan SMK (Rida Yulina dan Muhammad Raidinoor Pasha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *